Langsung ke konten utama

Pilkada 2018, Kapolres Mappi Kunjungi Panwaslu dan Harap Tercipta Sinergitas Yang Terbaik

Aku Hanya Ingin yang Terbaik untuk Papua


Secara ras, Papua memang beda dengan ras melayu. Papua merupakan ras melanesia, yang secara fisik bercirikan kulit hitam dan rambut kriting. Posisinya yang secara geografis berada di ujung timur Indonesia, membuatnya terhimpun dengan ras melanesia lainnya seperti warga Maluku dan warga NTT (Nusa Tenggara Timur) yang juga berkulit hitam dan berambut kriting. Lebih dari itu, ditinjau secara geografis, Papua juga terhimpun dengan saudara-saudaranya ras melanesia di luar batas negara. Secara geografis, sekalipun berbeda kenegaraan, Papua terhimpun dalam ras melanesia dengan PNG (Papua New Geanue), Vanuatu, Kep. Solomon, Fiji dan Keldonia Baru.

Atas ras melanesianya tersebutlah, sebagian kecil warga Papua, kini terjebak dalam rasisme atau kesukuan. Mereka merasa diri berbeda dengan bangsa Indonesia, karena menurut mereka Indonesia adalah ras melayu, jauh berbeda dengan mereka yang ber-ras-kan melanesia. Mereka merasa orang-orang Indonesia adalah orang-orang yang berkulit putih, kuning langsat, sawo matang dan berambut lurus, berbeda dengan mereka yang berkulit hitam dan berambut kriting. Selain itu, mereka juga merasa bahwa dengan berbedanya ras tersebut, kebudayaan dan adat istiadat yang mereka miliki, juga jauh berbeda dengan kebudayaan dan adat istiadat Indonesia.

Dengan terjebaknya mereka ke dalam rasisme tersebut, mereka merasa tidak bangga tergabung ke dalam bangsa Indonesia yang pada kenyataannya, Indonesia memang bukanlah ras melanesia, namun juga bukan ras melayu. Indonesia bukanlah bangsa yang hanya terdiri dari suku Aceh, Alas, Devayan, Gayo, Batak, Minangkabau, Nias dan suku-suku lainnya yang hanya terhimpun dalam Pulau Sumatra, atau Indonesia juga bukanlah bangsa yang hanya terdiri dari suku Jawa, Sunda dan Betawi yang hanya terhimpun dalam pulau Jawa. Indonesia adalah bangsa majemuk, yang kaya akan ras, yang dengannya ia terbangun dari semua suku yang terhimpun dari semua pulau-pulau yang ada di Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Papua.

Untuk lebih memperkaya pengetahuan, berikut penulis lampirkan daftar suku bangsa Indonesia berdasarkan provinsi, yang disadur dari https://id.wikipedia.org.

Aceh : Suku Aceh, Alas, Devayan, Gayo, Haloban, Kluet, Lekon, Pakpak, Sigulai, Singkil, Tamiang, Minangkabau, Aneuk Jamee.

Sumatera Utara : Suku Batak Angkola, Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Pakpak, Batak Simalungun, Batak Toba, Minangkabau, Melayu, Nias.

Kepulauan Riau : Suku Melayu, Suku Laut (Orang Laut/Orang Sampan), Orang Barok, Orang Bentan, Orang Bulang, Orang Galang, Orang Kanaq, Orang Ladi, Orang Laut Kappir, Orang Mantang, Orang Mepar, Orang Moro, Orang Muka Kuning, Orang Nanga, Orang Posik (Pusek/Persik), Orang Sebarok, Orang Sengkanak, Orang Sugi, Orang Tambus, Orang Teluk Nipah, Orang Trong, Etnis Tionghoa (Hainan, Hakka, Hokkien, Tiochiu).

Sumatera Selatan dan Bangka Belitung : Ameng Sewang, Anak Dalam, Bangka, Belitung, Daya, Musi Banyuasin, Musi Sekayu, Ogan, Enim, Kayu Agung, Kikim, Komering, Lahat, Lematang, Lintang, Kisam, Palembang, Pasemah, Padamaran, Pegagan, Rambang Senuling, Lom, Mapur, Meranjat, Musi, Ranau, Rawas, Saling, Sekak, Semendo, Pegagan Ilir, Pegagan Ulu, Penesak, Pemulutan.

Bengkulu dan Lampung
: Bengkulu, Pasemah, Kedurang Padang Guci, Rejang, Enggano, Kaur, Serawai, Lembak, Mulo-muko, Suban, Pekal, Batin, Pindah, Lampung.

Jakarta : Suku Betawi, Sunda, Jawa, Etnis Tionghoa, Batak, Minangkabau.

Jawa Barat dan Banten : Suku Sunda, Betawi, Badui, Jawa, Cirebon.

Jawa Tengah : Suku Jawa, Sunda.

Jawa Timur : Suku Jawa, Bawean, Tengger, Osing, Madura.

Kalimantan Barat : Suku Melayu, Dayak.

Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan : Suku Banjar, Dayak, Bugis.

Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara : Suku Banjar, Kutai, Berau, Dayak.

Bali dan Nusa Tenggara Barat : Suku Bali, Loloan, Nyama Selam, Trunyan, Bayan, Dompu, Donggo, Kore, Nata, Mbojo, Suku Sasak, Suku Sumbawa.

Nusa Tenggara Timur : Abui, Alor, Anas, Atanfui, Suku Atoni, Babui, Bajawa, Bakifan, Blagar, Suku Boti, Suku Bunak, Deing, Ende, Faun, Flores, Hanifeto, Helong, Kabola, Karera, Kawel, Kedang, Suku Kemak, Kemang, Kolana, Kramang, Krowe Muhang, Kui, Labala, Lamaholot, Lemma, Lio, Suku Manggarai, Maung, Mela, Modo, Muhang, Nagekeo, Ngada, Noenleni, Riung, Rongga, Rote, Sabu, Suku Sika, Suku Sumba, Tetun, Marae.

Sulawesi Utara dan Gorontalo : Bantik, Bolaang Uki, Borgo, Suku Gorontalo, Suku Kaidipang, Suku Minahasa, Suku Mongondow, Polahi, Ponosakan, Ratahan, Suku Sangir, Talaud, Tombulu, Tonsawang, Tonsea, Tonteboran, Toulour.

Sulawesi Tengah : Bada, Pamona, Bajau, Balaesang, Balantak, Banggai, Bungku, Buol, Dampelas, Dondo, Kahumamahon, Kaili, Muna, Tomia, Wakotobi, Wawonii, Kulawi, Saluan.

Sulawesi Tenggara : Buton, Tojo Una-una, Tolaki (Kota Kendari, Kab : Konawe, Konewe Selatan dan Utara), Moronene (Kab. Bombana), Labeau, Tomboki, Wuna (Kab. Muna), Wolio(Kab.Buton/Kota Bau-Bau), Mekongga (Kab. Kolaka/Kolaka Utara), Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, Binongko (Kab. Wakatobi).

Sulawesi Barat : Pattae, Mandar, Dakko, Pannei, Pattinjo.

Sulawesi Selatan : Bentong Duri, Luwu, Makasar, Massenrempulu, Bugis, Duri, Daya Selayar, Toala, Toraja, Oro dipedalaman Bone selatan (Bonto Cani), Bajo di pesisir Teluk Bone, Pulau Sembilan Sinjai, Selayar.

Maluku dan Maluku Utara : Alune, Ambon, Aru, Babar, Bacan, Banda, Bulli, Buru, Fordata, Galela, Gane, Gebe, Halmahera, Haruku, Jailolo, Kei, Kisar, Laloda, Leti, Lumoli, Maba, Makian, Mare, Memale, Moam, Modole, Morotai, Nuaulu, Pagu, Patani, Pelauw, Rana, Sahu, Sawai, Seram, Taliabo, Tanimbar, Ternate, Tidore, Tobaru, Tobelo, Togutul, Wemale, Wai Apu, Wai Loa, Weda.

Papua dan Papua Barat : Aero, Airo Sumaghaghe, Airoran, Ambai, Amberboken, Amungme, Dera, Edopi, Eipomek, Ekagi, Ekari, Emumu, Eritai, Fayu, Foua, Gebe, Gresi, Hattam, Humboltd, Hupla, Inanusatan, Irarutu, Isirawa, Iwur, Jaban, Jair, Kabari, Kaeti, Pisa, Sailolof, Samarokena, Sapran, Sawung, Wanggom, Wano, Waris, Watopen, Arfak, Asmat, Baudi, Berik, Bgu, Biak, Borto, Buruai, Kais, Kalabra, Kimberau, Komoro, Kapauku, Kiron, Kasuweri, Kaygir, Kembrano, Kemtuk, Ketengban, Kimaghama, Kimyal, Kokida, Kombai, Korowai, Kupul, Kurudu, Kwerba, Kwesten, Lani, Maden, Sawuy, Sentani, Silimo, Tabati, Tehid, Wodani, Ayfat, Yahrai, Yaly, Auyu, Citak, Damal, Dem, Dani, Demisa, Demtam, Mairasi, Mandobo, Maniwa, Mansim, Manyuke, Mariud Anim, Meiyakh, Meybrat, Mimika, Moire, Mombum, Moni, Mooi, Mosena, Murop, Muyu, Nduga, Ngalik, Ngalum, Nimboran, Palamui, Palata, Timorini, Uruway, Waipam, Waipu, Wamesa, Yapen, Yagay, Yey, Anu, Bas.




  Dari apa yang dipaparkan oleh wikipedia.org terkait suku-suku yang menghuni wilayah Indonesia, terlihat dengan jelas bahwa Indonesia merupakan bangsa majemuk, yang kaya akan ras, yang merupakan himpunan dari suku-suku yang tergabung di dalamnya. Bangsa Indonesia bukanlah bangsa melayu, juga bukanlah bangsa melanesia. Bangsa Indonesia bukanlah bangsa batak, bangsa dayak, atau bangsa-bangsa lainnya, namun Indonesia adalah bangsa yang terdiri dari semua bangsa itu. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang terdiri dari bagngsa melanesia, melayu, sunda, jawa, batak, dayak dan bangsa-bangsa lainnya, sebagaimana yang sudah ditulis sebelumnya.

Hanya saja, sayangnya, dengan adanya rasisme atau kesukuan yang terjadi kepada sebagian warga pribumi Papua, kini mereka menuntut kemerdekaan, yang dalam hal ini mereka bermaksud menginginkan Papua yang berdiri sendiri sebagai sebuah negara dan terpisah dari Indonesia. Mereka ingin mendirikan sebuah negara Papua, yang mana di dalamnya hanyalah orang-orang Papua (ras melanesia) saja. Sungguh hal ini disayangkan, dan tentu tidak bisa dibiarkan.

Sikap rasisme ini, muncul karena adanya sifat egois dan keidividuan. Sikap ini sangat berbahaya, karena hanya akan menimbulkan perpecahan. Bukan tidak mungkin, bagi orang-orang yang tervirusi oleh sikap rasisme ini, berikutnya akan terjebak ke dalam sikap keindividuan yang lebih sempit. Misalnya, Papua yang terdiri banyak suku, pada akhirnya nanti akan saling berperang antra suku tersebut dikarenakan adanya persaingan kesukuan di antara mereka. Selain itu, dengan sikap ini, akhirnya bisa menimbulkan perpecahan antar orang pegunungan dan orang pantai, antar orang Jayapura dan Timika, antar orang Biak dan Sorong, dan seterusnya. Dengan demikian, sikap rasisme ini tidak bisa dibiarkan.

Kita, dan juga terutama mereka, harus menyadari bahwa dalam hidup ini, kita semua diwarnai dengan penuh keberagaman. Kita dan mereka harus menyadari bahwa perbedaan suku dan ras, adalah salah satu warna dari keberagaman kehidupan ini. Dengan demikian, kita dan mereka akan menyadari betapa pentingnya persatuan di antara keberagaman ini. Terlebih dari itu, kita semua harus bangga dengan semua itu. Dengan demikian pula, kita semua harus bangga dengan keberagaman ras bangsa kita, bangsa Indonesia. Dengan keberagaman yang kita miliki, kita telah memiliki identitas tersendiri, yang unik dan khas. Kita sebagai bangsa yang majemuk ini, dengan bangga telah memiliki rasa persatuan, yang mungkin tidak banyak dimiliki oleh bangsa-bangsa di negeri-negeri yang lain.
Untuk itu, mari kita senantiasa jaga persatuan ini, mari kita jaga Papua untuk keutuhan bangsa yang kaya, bangsa Indonesia. SAVE PAPUA FOR NKRI !!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mob Papua : Nene vs Cucu

Nene dan cucu laki-laki duduk cerita-cerita : Cucu :  " Nene katanya laki dan perermpuan itu tdk boleh tidur sama-sama ka ? Nene : "  Iyo...to Bahaya skali Cucu  : " kenapa jadi ? Nene :" Karena dilarang agama kecuali dong 2 su nikah, nti kalu hamil bagaimana ? Cucu : " Oh..klu bapak dan mama tidak apa2...ee........klu begitu sya sekarang malas tidur lagi dengan nene. Nene : " Bah...knapa jdi ko sudah tdk mau tidur lagi dengan nene ? Cucu : " malas saja to....!!......nanti  nene ko hamil lagi........... hahahah...dilarang senyum2.../////????????.

Lakukan Razia, Polres Keerom Berhasil Amankan Minuman Keras Jenis Bir Bintang

Pacenews, Keerom - Kasat Reskrim  Polres   Keerom  Ipda Hotma P. A. Manurung, S.Tr.K bersama beberapa personilnya melakukan  razia  premanisme jelang perayaan Tahun baru 2018 dibeberapa titik di Kab.  Keerom , Jumat (29/12/2017). Saat dikonfirmasi Ipda Hotma P.A Manurung, S.Tr.K, mengatakan bahwa Patroli dan  Razia  Premanisme jelang perayaan Tahun baru 2018 dengan sasaran  pemalakan , senjata tajam dan  mabuk  mabukan di Jalan. “kami melakukan penyusuran sepanjang jalan Trans Irian dari  Arso  VII, I, VI,  Arso  Kota dan Workwana dan alhasil kami mendapati beberapa tempat yang digunakan oknum  masyarakat  sedang mengkonsumsi  miras  termasuk ada yang kita dapati mobil parkir di pinggir jalan dengan 3 (tiga) penumpangnya yang sedang  mabuk  setelah kita lakukan pemeriksaan ditemui BB di dalam mobil di temukan adanya minuman beralkohol jenis Bir Bintang 1 karton sdh dikonsumsi dan 1 karton masih utuh, “terang Kasat Reskrim. Kasat Reskrim menambahkan, kami langsung melakukan himabauan se

Pilkada 2018, Kapolres Mappi Kunjungi Panwaslu dan Harap Tercipta Sinergitas Yang Terbaik

Pacenews.id- Mappi- Demi terciptanya situasi kondisi dan harkamtibmas menjelang Pemilukada serentak tahun 2018 yang kondusif, Polres Mappi melaksanakan kunjungan ke kantor Panwaslu Kabupaten Mappi dalam rangka silaturahmi memantapkan sinergitas kemitraan dalam penyelenggaraan pemilu serentak 2018, Rabu pagi (24/01/2018). Dalam silaturahmi Kapolres Mappi AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan,S.I.K,M.I.K yang didampingi Kasat Intelkam Iptu Supriyono diterima komisioner Panwaslu Arnold Kwamtagai S.Sos beserta komisioner,Kegiatan kunjungan ini bertujuan menjalin silaturahmi dan menciptakan situasi kondisi yang kondusif serta pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Pemilukada serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Papua tahun 2018 Juga sinegritas dan kerjasama semua elemen yang ada diharapkan mampu memberikan rasa aman kepada masyarakat Kabupaten Mappi. “Pelaksanaan Pemilu pada Juni 2018 mendatang, seluruh elemen mulai dari KPU,Panwaslu serta masyarakat diharapkan bisa bersinerg